Catatan Biasa Mahasiswi TI

Follow Us

Senin, 15 Januari 2018

Teknologi Multimedia "Cicret Bracelet"



MAKALAH
TUGAS KELOMPOK
TEKNOLOGI MULTIMEDIA "CICRET BRACELET"





Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Mata Kuliah Teknologi Multimedia pada Program Studi Teknik Informatika STT Ibnu Sina



LASTRI YANTI-1410128262047
SUFIYANDI-1410128262066
M.RIDWAN-1410128262081
RAMA ADITIA-1410128262100
ENGGAR ADI SULISTYO-1710128262005



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNIK IBNU SINA BATAM
2018




KATA PENGANTAR



Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang telah melimpahkan rahmat dan inayah-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan Makalah Teknologi Multimedia ini, kendatipun masih jauh dari sempurna. Shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya serta para pengikutnya yang secara istiqomah menjalankan ajaran agamanya.
Setelah menyatakan syukur kehadirat Allah SWT, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang memiliki andil besar dalam penyelesaian Makalah ini, karena penulis menyadari tanpa uluran dan bantuan mereka belum tentu Makalah ini dapat terselesaikan. Pihak-pihak tersebut antara lain:
1.  Bapak H. Andi Ibrahim, BA, selaku Ketua Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam.
2.  Bapak Ir. Larisang, MT, Selaku Ketua STT Ibnu Sina Batam.
3.  Bapak M. Ropianto, M.Kom selaku Kepala Prodi Informatika.
4.  Ibu Ririt Dwiputri Permatasari, S.T, M.S.I, MT, selaku Dosen pengampu Mata Kuliah.
5.  Kedua Orang Tua kami yang telah membesarkan dan mendidik dengan sabar, serta mendukung segala aktifitas saya selama ini.
6.  Serta teman-teman yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu saya dalam menyelesaikan Makalah ini.
Dan akhirnya penulis hanya bisa berdo’a dan berharap semoga apa yang telah kalian berikan kepada penulis bisa dibalas dengan kebaikan oleh Allah SWT. Demikian laporan kerja praktek ini saya buat, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Batam, 15 Januari 2018

                         Penulis






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.............................................................................          i
KATA PENGANTAR...........................................................................          ii
DAFTAR ISI..........................................................................................          iii
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................          I-1
1.1 Latar Belakang..................................................................................          I-1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................          I-2
1.5 Tujuan Penelitian...............................................................................          I-2
BAB II LANDASAN TEORI...............................................................          II-1
2.1 Accelerometer....................................................................................          II-1
2.2 Memory Card dan ROM...................................................................          II-1
2.3 Processor...........................................................................................          II-1
2.4 Vibrator..............................................................................................          II-1
2.5 Micro USB Port.................................................................................          II-1
2.6 Battery...............................................................................................          II-2
2.7 Proximity Sensor Long Range..........................................................          II-2
2.8 Pico-Projector....................................................................................          II-2
2.9 Bluetooth Low Energy......................................................................          II-2
2.10 WiFi Component.............................................................................          II-2
2.11 LED (Light Emitting Dioda)...........................................................          II-2
2.12 Snap Button.....................................................................................          II-2
BAB III PEMBAHASAN.....................................................................          III-1
3.1 Mengapa Cicret Bracelet Dibuat.......................................................          III-1
3.2 Bagaimana Cicret Bracelet Bekerja..................................................          III-1
     3.2.1 Menyalakan Perangkat..............................................................          III-1
     3.2.2 Pemrosesan Data Awal..............................................................          III-1
     3.2.3 Mengkoneksikan dengan Handphone.......................................          III-1
     3.2.4 Menampilkan Proyeksi Layar...................................................          III-2
     3.2.5 Proyeksi Ditampilkan................................................................          III-2
     3.2.6 Penggunaan Proyeksi sebagai Layar pada Handphone.............          III-2
     3.2.7 Mematikan Proyeksi..................................................................          III-2
BAB IV PENUTUP...............................................................................          IV-1
4.1 Kesimpulan........................................................................................          IV-1
4.2 Saran..................................................................................................          IV-1
Daftar Pustaka







BAB I

PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang

Di era modern seperti sekarang, tidak heran jika dari berbagai kalangan sudah memiliki ponsel pintar atau smarthphone. Bukan suatu hal baru di kehidupan modern saat ini jika masyarakat sudah memegang ponsel pintar, dari kalangan orang tua, remaja serta tidak jarang sekarang anak-anak pun sudah memiliki ponsel pintar.
Ponsel pintar saat ini sudah banyak yang mendukung fitur touch screen  tetapi penggunaan ponsel pintar dengan fitur touch screen  masih membuat beberapa orang kerepotan dengan penggunaannya, karena baterainya yang cepat habis dayanya, atau ada juga untuk beberapa kalangan orang sibuk dalam artian banyak pekerjaan yang harus ia selesaikan dalam waktu yang cepat atau panggilan pekerjaan yang disaat ponselnya tidak di pegang atau didekatnya, atau bisa juga untuk orang yang sedang beristirahat ada panggilan di ponselnya tetapi ia enggan untuk mengambil ponsel yang letaknya jauh. Dari hal ini berbagai perusahaan teknologi pun saling berlomba menghadirkan inovasi produk andalannya. Dengan tujuan anggar pengguna smart phone memiliki kebebasan menggunakan ponselnya dalam waktu yang efisien.
Untuk lebih jelasnya dari berbagai kendala diatas bagi sebagian orang, di ilustrasikan dalam video berikut https://youtu.be/9J7GpVQCfms . Dalam video tersebut di ilustrasikan bahwa sebagian orang sedang bersantai atau beristirahat, tetapi ponselnya mendapati panggilan di saat mereka sedang melakukan aktifitas lain yang mereka malas untuk meninggalkannya atau mungkin diluar ilustrasi video tersebut ada orang yang mendapati panggilan di ponselnya yang sedang mengisi ulang daya ponselnya tetapi berada di tempat yang jauh darinya.  Dari ilustrasi video diatas salah satu perusahaan membuat sebuah trobosan teknologi yang mengambil dari masalah bagi sebagian orang ini, dengan membuat gelang pintar atau bisa disebut Cicret Bracelet perusahaan ini membuat teknologi tersebut dengan tujuan untuk mempermudah penggunaan ponsel pintar dengan basis teknologi bluetooth atau wireless. Dengan pemanfaatan teknologi ini sebagian orang tidak perlu lagi merasa kerepotan saat sedang bersantai atau ponselnya berada ditempat yang cukup jauh (jauh disini masih masuk dalam jangkauan bluetooth atau wireless) jika ponselnya mendapati panggilan.
Cicret bracelet atau gelang pintar ini, di dalamnya terdapat modul Pico Projector, delapan buah sensor gerak dan sensor akselerometer serta fungsi getar yang membuat gelang ini terlihat ajaib dan dapat memberikan “wow effect” bagi siapa saja yang melihatnya. memiliki LED notifikasi, koneksi WiFi, Bluetooth serta port USB dan diprediksi akan tersedia dengan kapasitas penyimpanan 16GB atau 32GB. Dengan terkoneksi pada perangkat smartphone Cicret Bracelet mampu mengirim dan menerima email, SMS, melakukan browsing atau bahkan bermain game dan menjawab panggilan masuk. Gelang pintar ini memberikan proyeksi nyata seperti layar ponselnya. Tetapi gelang pintar ini masih dalam tahap pengembangan, belum bisa diproduksi secara masal oleh perusahaannya.

1.2             Rumusan Masalah

Dalam makalah ini kami akan membahas beberapa masalah, antara lain:
1)      Mengapa Cicret Bracelet dibuat?
2)      Bagaimana Cicret Bracelet bekerja?

1.3              Tujuan Masalah

Tujuan dalam pembahasan makalah ini adalah:
1)      Menjelaskan mengapa Cicret Bracelet dibuat.
2)      Mengetahui bagaimana Cicret Bracelet bekerja.





BAB III
PEMBAHASAN



3.1       Mengapa Cicret Bracelet Dibuat
Untuk mempermudah penggunaan handphone untuk sebagian orang yang cukup sibuk di pekerjaan sehingga tidak sempat memegang handphone nya, dengan ini orang tersebut terbantu untuk meminimalisir kerepotannya menggunkan handphone disaat orang tersebut sibuk.  Memberikan efisiensi dalam manajemen waktu bagi beberapa orang yang cukup kerepotan atau sibuk dalam koneksi ke beberapa orang dengan media handphone.
3.1 Gambar Cicret Bracelet dan Komponennya
3.2       Bagaimana Cicret Bracelet Bekerja
3.2.1    Menyalakan Perangkat
Menyalakan perangkat seperti pada umumnya, yaitu dengan menekan tombol power pada perangkat. Lalu kenakan perangkat ini pada pergelangan tangan anda kiri atau kanan, kenakan di pergelangan tangan yang menurut anda paling nyaman untuk menggunakan perangkat ini.
3.2.2    Pemrosesan Data Awal
Setelah dinyalakan, seperti pada perangkat elektronik pada umumnya. Perangkat ini melakukan beberapa proses pengecekan hardware, atau biasa di sebut proses boooting pada komputer atau handphone. Setelah menyala lampu indikator akan menampilkan atau menyala untuk memberikan sinyal kepada pemilik atau orang yang ingin menggunakannya dengan warna tertentu dengan tujuan memberikan informasi apakah perangkat itu sudah terkoneksikan dengan handphone atau belum.
3.2.3    Mengkoneksikan dengan Handphone
Jika belum terkoneksi dengan Handphone, maka anda perlu menyalakan fitur bluetooth pada handphone anda lalu sinkronkan atau hubungkan ke perangkat, cara menghubungkannya seperti pada umumnya bagaimana menghubungkan perangkat bluetooth lainnya.
3.2.4    Menampilkan Proyeksi Layar
Jika sudah perangkat sudah menyala dan terkoneksi dengan handphone anda, maka cara menampilkan proyeksi layar handphone anda ke kulit lengan anda, cukup dengan mengoyangkan pergelangan tangan anda yang mengenakan perangkat ini, seperti yang sudah di tampilkan dalam link video di BAB Latar Belakang.
3.2.5    Proyeksi Ditampilkan
Proyeksi akan ditampilkan ke kulit lengan anda apa yang ditampilkan di Handphone akan ditampilkan dalam proyeksi perangkat ini, jadi cara gampangnya seperti LCD proyektor di ruang kelas menampilkan apa yang ada di Komputer/laptop.
3.2.6    Penggunaan Proyeksi sebagai Layar pada Handphone Umumnya
Cara menggunakannya umum seperti menggunakan handphone touchscreen, yaitu menggeserkan dengan jari (umumnya jari) atau yang lain di proyeksi layar. Sensor tertentu akan mendeteksi gerakan jari anda apa yang anda lakukan, apakah itu menggeser ke kanan, kiri, atas, bawah, atau melakukan touch. Dari sensor ini lalu di teruskan ke processor pada perangkat yang kemudian di kirimkan datanya melalui bluetooth ke handphone anda untuk di proses lebih lanjut, dan menampilkan apa yang anda lakukan.
3.2.7    Mematikan Proyeksi
Mematikan proyeksi layar pada kulit lengan anda, seperti halnya dengan anda menyalakan proyeksinya.





BAB VI
PENUTUP

4.1              Kesimpulan
Setelah dilakukan penelitian terhadap Alat Teknologi (Cicret Bracelet), maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1)      Perangkat ini dapat membantu untuk sebagian orang dalam penggunaan handphone agar lebih mudah.
2)      Efisien serta menghemat waktu dalam penggunaan nya untuk sebagian orang yang sibuk dengan pekerjaannya sedangkan di saat yang sama dia harus menggunakan handphone untuk menghubungi keluarganya, semisal.
3)    Perangkat ini berkerja dengan memproyeksikan layar handphone anda ke kulit lengan anda. Dengan bluetooth sebagai media transmisinya untuk data agar terkoneksi dan dapat saling berkomunikasi antar handphone dengan cicret bracelet. Dari handphone akan mentransmisikan data yang ada dilayar melalui bluetooth ke cicret bracelet lalu dari sini, di proses di komponen processor lalu di proyeksikan oleh pico-projector ke lengan anda. Dari proyeksi layar yang berada di lengan, seperti halnya layar handphone pada umumnya anda bisa melakukan hal apapun dengan bebas yang di dukung dengan komponen Proximity Sensor Long Range untuk pengganti sensor touch screen pada layar handphone.

4.2              Saran
Untuk pemasaran perangkat ini agar diperhatikan karena bisa saja menjadi sesuatu perangkat yang merugikan beberapa orang.





DAFTAR PUSTAKA

http://www.apakabardunia.com/2014/12/cicret-bracelet-gelang-pintar-yang.html

 

 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tutorial Selfie^^

Welcome to my video kece :D https://www.youtube.com/watch?v=qRAxoQskZKY